PJR

 logo-pjr

IMG_20150421_211245

Satuan Patroli Jalan Raya ( PJR ) adalah badan dan satuan pelaksana operasional ditingkat Mabes Polri dan Polda yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengawasan, pengendalian lalu lintas, keamanan dan ketertiban umum di jalan, penindakan pelanggaran lalu lintas, TPTKP, setiap bentuk ancaman dan gangguan dijalan termasuk lingkungan kedalaman jalan, upaya-upaya perlindungan dan pelayanan masyarakat serta memberikan bantuan operasional kepada Satuan Kewilayahan.

Call center Satuan Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Polda Bali .

  1. Nomor telepon  ( 0361 223699 )
  2. Nomor sms pengaduan masyarakat
  3. Website http://ditlantaspoldabali.com
  4. Email satpjrditlantaspoldabali@gmail.com

  

Induk PJR adalah Markas atau Kantor PJR yang tergelar atau berada di jalur-jalur jalan, Satuan Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Polda Bali membawahi enam Induk PJR yaitu : 

  1. Induk PJR I  Ditlantas Polda Bali Denpasar  Jl. W.R Supratman No. 7
  2. Induk PJR II    Alamat  : Jl. Ry Kintamani Bangli
  3. Induk PJR III  Alamat   : Jl Ry Gilimanuk Negara
  4. Induk PJR IV  Alamat   : Yeh Malet ,Angantiga, Manggis Karangasem
  5. Induk PJR V   Alamat    : Jl. Uluwatu Ungasan Kuta Badung
  6. Induk PJR VI  Alamat    : Tol Bali Mandara Benoa Kuta badung

Fungsi patroli jalan raya adalah :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli di sepanjang jalan raya lingkungannya.
  2. Melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas dan penanganan pertama TKP kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalan yang menjadi tanggungjawabnya.
  3. Melaksanakan penindakan kriminalitas yang terjadi di sepanjang jalan dan kedalamannya atau melalui jalan tempat kejadaian perkara.
  4. Mengirimkan berkas perkara pelanggaran lalu lintas ke pangadilan dan berkas penanganan pertama kecelakaan lalu lintas dan kriminalitas ke Satuan kewilayahan sesuai dengan tempat kejadian perkara.
  5. Membuat rencana dan program kegiatan PJR dalam menghadapi ancaman kamtibmas di jalan dalam beat wilayah tugasnya.
  6. Memelihara sarana pendukung tugas sesuai dengan spesifikasi, kualitas dan kuantitasnya.
  7. Melaksanakan pedoman atau petunjuk dan prosedur tugas-tugas PJR.
  8. Mengadakan koordinasi dan kerjasama dalam rangka melaksanakan rekayasa terbatas, penegakan hukum gabungan,(emisi. Teknis laik jalan) penelitian kecelakaan lalu lintas dan survey route perjalanan VVIP atau VIP.
  9. Melaksanakan kegiatan Dikmas  lantas kepada masyarakat pemakai jalan.
  10. Melaksanakan pengawasan, analisa dan evaluasi pelaksanaan tugas PJR secara kualitatif dan kuantitatif dengan berjenjang dari unit PJR sampai dengan  Den PJR.


Peranan Satuan atau Induk PJR adalah :

  1. Sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang senantiasa mengutamakan perlindungan dan pelayanan terhadap setiap pemakai jalan, yang memerlukan bantuan atau pertolongan polisi di jalan dan kedalamannya tanpa membedakan status dengan penuh pengabdian.
  2. Sebagai Pos Polisi Mobil, yaitu setiap unit PJR harus dapat melaksanakan tugas-tugas kepolisian umum untuk menerima setiap laporan dan pengaduan dari masyarakat serta melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara dan penanganan selanjutnya diserahkan kepada satuan kewilayahan setempat.
  3. Sebagai pencerminan kesiap siagaan Polri, yaitu setiap unit PJR memiliki mobilitas dan stamina yang tinggi sehingga akan selalu berada ditengah-tengah masyarakat  dalam mengendalikan kamtibmas di jalan dan kedalamannya.
  4. Sebagai sarana komando pengendalian Pimpinan, yaitu setiap Unit PJR memiliki alat komunikasi yang baik dan dapat menjangkau lokasi-lokasi yang jauh dari Markas Komando. Melalui sarana  komunikasi yang dimiliki PJR. Pimpinan dapat dengan cepat mengetahui  setiap perkembangan atau dinamika Kamtibcar lalu lintas dan kejadian kriminalitas yang timbul serta segera mengambil keputusan dalam tindakan selanjutnya.
  5. Sebagai sarana untuk menyampaikan pesan Kamtibmas dalam rangka Dikmas yang dapat menjangkau daerah-daerah dijalur antar kota baik di jalan Tol atau non Tol untuk disampaikan kepada masyarakat. di daerah sepanjang jalur maupun kepada pemakai jalan.
  6. Sebagai sumber informasi, PJR harus dapat mendeteksi secara dini setiap kejadian yang menonjol, menguasai situasi dan kondisi lingkungan tugasnya dan mampu memperkirakan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi serta melaporkan kepada pimpinan untuk diteruskan kepada Satuan yang berwenang  untuk menanganinya .
  7. Sebagai garda terdepan dalam menghadapi dan menindak pelanggaran lalu lintas, yang mempunyai potensi sebagai penyebab kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, kejahatan yang melalui atau terjadi di jalan raya, serta pencairan kemacetan arus lalu lintas sebagai akibat terjadinya bencana alam atau kecelakaan lalu lintas dalam skala besar.
  8. Sebagai aparat yang mendukung penelitian, analisa dan evaluasi penyebab kecelakaan lalu lintas secara gabungan bersama dengan instansi atau fungsi terkait (post by rul)

 

 

IMG_20150422_125510DITLANTAS POLDA BALI -Sebelum melaksanakan tugas rutin Kasat PJR Ditlantas Polda Bali AKBP. Danang Benny K. S.ik melakukan pemeriksaan perlengkapan surat-surat dan kelengkapan perorangan kendaraan pada anggota kepolisian. Hal itu tampak dilakukan di lapangan apel Ditlantas Polda Bali, Selasa (22/4/2015).

Anggota Sat PJR dari induk I sampai induk VI yang dipimpin oleh Kainduknya masing – masing terlihat mengikuti kegiatan ini

Kasat PJR dalam kesempatan ini mengatakan, pemeriksaan kelengkapan personil merupakan salah satu perintah Dirlantas Polda Bali agar seluruh anggota selalu tertib serta disiplin dalam berkendara.

“Sengaja kami melakukan pemeriksaan surat-surat serta kelengkapan kendaraan para anggota Sat PJR Ditlantas Polda Bali ini karena sesuai dengan instruksi Dirlantas sebelum polisi memeriksa kepada masyarakat pengguna kendaraan.
Sementara itu, dalam pemeriksaan surat-surat kendaraan anggota Sat PJR tersebut tidak ditemukan pelanggaran. ( post by R07)