Satlantas Res Jembrana

Profile

Melalui media Blog yang dibentuk tanggal 22 Juni 2010 dan mulai aktif diberdayakan tanggal 15 Desember 2010, kami berusaha memberikan informasi seputaran kegiatan Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana, yang kami urai dengan CERITA DALAM BERITA

Berikut profile singkat Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana

Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana yang berlokasi di Jalan Pahlawan NO. 27, Kecamatan Jembrana, Kab. jembrana. Dalam mengawali tugasnya melaksanakan apel pagi pukul 06:00 wita. Mulai dari pengecekan jumlah personil, kelengkapan pribadi hingga kebersihan kendaraan dinas.

Dalam tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana dibagi dalam 4 (empat) unit:

  1. Unit Dikyasa (Pendidikan masyarakat dan Rekayasa). Melaksanakan tugas seperti pendidikan masyarakat, penerangan keliling, pembinaan pramuka/PKS, upacara di sekolah-sekolah, rekayasa jalan berlubang, rekayasa rambu-rambu lalu lintas, rekayasa jalan rawan macet dan rekayasa jalan rawan kecelakaan,
  2. Unit Turjawali (Pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli). Melaksanakan tugas pengaturan, penegakan hukum persuasif (teguran, lisan dan tertulis), penegakan hukum represif (tilang), pengawalan, penjagaan dan patrol (roda 2, roda 4).
  3. Unit Laka Lantas (Penanganan laka lantas). Unit ini bertugas menangani kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Wilkum Polres Jembrana, melalui penyidikan laka lantas. Mulai dari mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara), olah TKP, pengamanan barang bukti, pemeriksaan saksi/korban, pemeriksaan tersangka/pelaku, hingga pemberkasan.
  4. Unit Reg Ident (Registrasi dan Identifikasi). Unit ini memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang Reg Ident Pengemudi berupa pengeluaran Surat Ijin Mengemudi (SIM), Reg Ident Ranmor (Kendaraan bermotor) berupa pelayanan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) dan BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor).

Dengan kendali administrasi dan operasional yang baik, kita pelihara dan tingkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Kabupaten Jembrana.

Warga Jembrana pasti tertib berlalu lintas

Optimalisasi Zebra Cross

000-zebraSejumlah anak-anak TK dan SD berbaris rapi di atas trotoar. Mereka bersiap-siap untuk menyebrang jalan melalui Zebra Cross yang ada di Simpang Sudirman. Kapolres Jembrana AKBP Harry Haryadi. B yang di damping oleh Kasat Lantas Polres Jembrana AKP I Gede Sumadra Kerthiawan, SH terlihat semangat membimbing anak-anak TK untuk menyebrang.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka mengoptimalisasikan fungsi Zebra Cross sebagai tempat untuk menyebrang jalan sehingga keamanan dan keselamatan pejalan kali lebih terjamin.

“Dengan membiasakan anak-anak untuk menyebrang di Zebra Cross, secara tidak langsung kita telah mendidik mereka sejak usia dini tentang fungsi dan kegunaan dari Zebra Cross,” jelas AKBP Harry Haryadi. B.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Jembrana bersama Kasat Lantas Polres Jembrana memberikan pengetahuan tentang pengenalan rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak TK yang diperagakan oleh badut Zebra Cross.

“Kegiatan ini merupakan program inovasi kreatif Polres Jembrana dalam mengoptimalisasi Zebra Cross, yang selama ini kurang dimanfaatkan dan sering hanya sebagai alasan estetika dan formalita belaka. Harapan kami, anak-anak TK ini bisa menyampaikan ke orang tua, kakak dan saudaranya untuk menggunakan Zebra Cross sebagai tempat menyebrang jalan,” tandasnya.

PERINGATAN HARI KARTINI, POLISI MEBAGIKAN BUNGA

002-img_3965-kecilPeringatan Hari Kartini yang bertepatan juga dengan hari terakhir pelaksanaan Operasi Simpatik Agung-2015, sejumlah anggota Polwan Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana dan anak-anak TK Bhayangkari 08 Jembrana, membagikan bunga kepada pengguna jalan di Simpang TMP (Taman Makam Pahlawan), Selasa (21/04/2015).

Pembagian bunga dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Jembrana AKP I Gede Sumadra Kerthiawan, SH. Hal tersebut dilakukan untuk menanamkan simpatik masyarakat, khususnya para pengendara.

“Hari ini kita turunkan 15 personil ditambah 10 anak-anak TK untuk membagikan bunga kepada pengguna jalan. Ini dalam rangka peringatan hari Kartini, sekaligus untuk menanamkan simpatik kepada masyarakat,” terang AKP I Gede Sumadra Kerthiawan, SH.

Menurut AKP I Gede Sumadra Kerthiawan, SH, Hari Kartini tidak lain adalah bentuk emansipasi perempuan Indonesia, sekaligus inspirasi bagi seluruh wanita Indonesia sebagai wanita berpendidikan dan tidak terkungkung dalam superioritas kaum lelaki.

“Seorang wanita harus terus bersinar, baik dalam kehidupan keluarga maupun pemerintahan seperti harapan RA. Kartini dalam bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang,” tambahnya.

Selain pembagian bunga, pelayanan kepada masyarakatpun tetap dilakukan saat Operasi Simpatik ini. Seorang Polwan terlihat membantu menyebrangkan beberapa pengguna jalan yang hendak menyebrang, bahkan tidak segan-segan untuk membantu membawakan barang belanjaannya. (dit. 21/4/15)

 

Tingkatkan Ketrampilan Mengendara Melalui Ujian Praktek

06Lalu lintas merupakan urat nadi bagi tumbuh dan berkembangnya masyarakat, sehingga kualitas hidup masyarakatpun sangat dipengaruhi oleh faktor lalu lintas. Hal inilah yang menjadikan keamanan, keselamatan dan kelancaran lalu lintas menjadi harapan semua orang.Beberapa kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum Polres Jembrana, masih didominasi oleh prilaku pengendara yang kurang menyadari pentingnya keselamatan (diri maupun orang lain).001-img_1574

Kasat Lantas Polres Jembrana, AKP I Gede Sumadra Kerthiawan, SH menjelaskan bahwa, salah satu strategi yang dilakukan dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas adalah dengan mengoptimalisasi proses penerbitan SIM (Surat Ijin Mengemudi).

“Untuk meningkatkan kemampuan teknis berkendara, kami akan memperketat pelaksanaan ujian SIM. Mulai dari ujian teori sampai dengan ujian praktek,” jelas I Gede Sumadra Kerthiawan.

“Setelah peserta uji SIM cukup mahir di praktek satu, akan kami lanjutkan dengan praktek dua, yaitu cara berkendara di jalan raya dengan tertib, sopan dan beretika. Dengan demikian, diharapkan peserta uji SIM mempunyai pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dengan baik dan benar,” imbuhnya. (dit.21/4/15)